Sabtu, 12 April 2008

diklatsar PLASMA (pecinta alam sma 4 depok)


Pendidikan dasar pecinta alam (diksar PA) merupakan sebuah tahapan yang selalu diikuti oleh para calon anggota organisasi pecinta alam. Seperti yang dilakukan oleh ekstrakurikuler pecinta alam SMA 4 DEPOK atau yang biasa disebut PLASMA. Sebelum mengikuti diksar plasma para calon anggota harus mengikuti beberapa tahapan yaitu, test fisik dan wawancara. Setelah lolos seleksi fisik dan wawancara para calon anggota PLASMA SMA 4 DEPOK akan mengikuti yang biasa disebut dengan DIKLATSAR PLASMA (pendidikan dan latihan dasar pecinta alam SMA 4 DEPOK). Diklatsar plasma sendiri mempunyai dua tahap yaitu materi kelas dan aplikasi lapangan yang dilaksanakan dalam satu waktu (1 minggu).
Materi kelas adalah pemberian materi-materi yang berkaitan dengan keterampilan alam bebas seperti survival, navigasi darat, rock climbing, pertolongan pertama, olah raga arus deras, dll.dan materi kelas ini biasanya dilaksanakan selama 3 hari yang berlokasi di sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan aplikasi lapangan yaitu pengaplikasian dari materi-materi yang telah diberikan pada saat materi kelas di sekolah. Dalam melaksanakan aplikasi lapangan para siswa (peserta diklatsar plasma) akan dihadapkan langsung dengan alam terbuka.
Selain memberikan ilmu kepencintaalaman dalam diklatsar plasma juga ditanamkan nilai-nilai keorganisasian, semangat kebersamaan, kepemimpinan, tanggung jawab serta jiwa social. Sebuah konsep yang dikemas secara menarik sehingga membuat para siswa tertantang untuk melakukan hal-hal yang baru dan bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dalam kegiatan alam terbuka, yang menjadi salah satu daya tarik para siswa SMA 4 DEPOk untuk masuk kedalam ekstrakurikuler PLASMA.
(shandi irawan/PL.V.45.2509.01)

3 komentar:

Dado mengatakan...

ass..
buat adik2..semua..n temen s'angktn gw...sumpah lo semua keren banget...
gw salut....
dan gw juga malu...coz gw gak bisa tau plasma sekarang....gw mau aktif..tapi waktu gw gak pernah bisa gw bagi...jadi mohon maaf banget buat pengurus yang sekarang n yang terdahulu...
PLASMA gak pernah lupa ama gw...kalo ada apa2 pasti gw diundang..tapi mang dasar gwnya yang susah bagi waktu...
buat yang blom kenal gw....
gw GORGOM....anak angkatan V....dan sempet jadi KETUM pada saat angkatan VI.....email gw gorgom_dado@yahoo.co.id / gorgomisme@gmail.com n blog gw....gorgomisme.blogspot.com...
buat sandi...yopi dan temen2 lain yang aktif sampe sekarang dan juga DUREX....keren banget lo semua.....maafin gw ya..yang gak bisa aktif....gw yakin kok lo semua tau keadaan gw....sumpah kangen banget gw naik gunung bareng lagi...
gila-gilaan lagi....

Dessy Eka Pratiwi mengatakan...

wah senangnya melihat kaum muda yang masih ingin merasakan dekat dengan Alam Indonesia, semoga ini menjadi sesuatu yang dapat menjaga dan melestariakn Alam indonesia y.

Mahapala Jember mengatakan...

Salam Lestari